06/07/11

GAMBAR FOTO JENIS-JENIS SKIMMER ALAT PEMBOBOL ATM

Share this history on :



Skimmer adalah piranti yang diletakkan di mulut ATM dan secara diam-diam akan mengambil data kartu kredit atau kartu debit yang dimasukkan oleh nasabah. Bentuk piranti yang dirancang sedemikian rupa menyerupai tempat memasukkan kartu yang asli dari ATM tersebut.

 
 
 



Piranti ini juga dilengkapi dengan kamera kecil yang dirancang sedemikian rupa sehingga mulai merekam pergerakan tangan nasabah saat memasukkan nomor PIN ATM.

Berbagai jenis piranti skimmer telah beredar dan dipasarkan di dunia maya, baik yang buatan sendiri (homemade skimmer), maupun produk-produk khusus yang dijual di pasar-pasar kriminal online.

Model-model yang terbaru bahkan dilengkapi dengan fasilitas SMS yang secara otomatis akan mengirimkan pesan kepada calon pencuri setiap kali ada nasabah yang menggunakan mesin ATM tempat piranti skimmer tersebut dipasang.

Kepada para nasabah bank yang hendak mengambil uang di ATM, sebaiknya senantiasa memperhatikan mesin ATM yang digunakannya.

Seandainya menemukan bagian-bagian yang ganjil dari mesin tersebut, seperti bagian untuk memasukkan kartu memiliki warna yang berbeda dengan area sekelilingnya, jangan ragu-ragu untuk melaporkannya kepada petugas berwajib atau menggunakan mesin lainnya. Jadi, waspadalah. 
Sumber : matanews.com; Foto : dari berbagai sumber

Related Post:

0 comments:

Posting Komentar

Loading

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More